7/26/2016

Cara-cara umroh

Mekah

umrah plus eropa Cara-cara umroh merupakan suatu kaifiat dari a sampai z , dari awal pelaksanaan sebelum niat ihram sampai selesai penutupan dalam umroh. Selain itu hal ini juga akan membahas lebih detail mengenai bagaimana umroh yang benar sesuai sunnah serta larangan yang mungkin terjadi dalam umroh.

Umat islam dari Indonesia adalah pendatang dari luar negeri jazirah arab yang banyak mendatangkan umatnya untuk melaksanakan umroh, negara tercinta ini merupakan mayoritas islam, negara ini juga menjadi negara yang terdekat sehingga untuk biaya berangkat kesana masih relative murah dan terjangkau bagi yang mampu.

Kaifiat atau tatacara umroh

1.    Melakukan ihram dari miqat

Artinya jamaah Mandi dan mengusapkan minyak wangi ke bagian tubuh, janganlah mengusap wewangian ke pakaian ihram. Ketika mengenakan  pakaian usahakan jangan yang berjahit, pakai lah selendang, kain putih, sandal, payung, kaca mata dan sabuk yang serba guna, misalnya ada wadah untuk menyimpan barang-barang penting.

Di dalam ihram jamaah disunnahkan untuk mengucapkan niat untuk umroh yakni :

“LABBAIKA UMROTAN” , artinya Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah untuk menunaikan ibadah umroh.
niat umroh di bir ali

Di dalam berihram kita harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Untuk warna pakaian yang dikenakan oleh wanita saat umroh tidak ada sama sekali ketentuan harus mengenakan pakaian dengan warna tertentu. adapun putih itu sudah menjadi mayoritas yang tidak pernah ditinggalkandan merupakan warna yang mencerminkan kesucian.
  • Sebagian jamaah ibadah haji dan umroh menyebutkan bahwa mengucapkan talbiyah secara bersama-sama itu bid’ah dan tidak ada contoh dari rasulullah.maka yang benar adalah mengucapkan talbiyah secara individual.
  • Jamaah boleh mengganti pakaian ihram kapan pun sesuka hatinya. Jadi tidak di wajibkan harus dengan satu pakaian saja.
  • Apabila jamaah akan memasuki masjidil haram atau masjid lainnya, dahulukan kaki kanan sambil mengucapkan do’a.




2.    Pergi ke kota Makkah untuk melakukan thawaf, sepanjang perjalanan usahakan membaca talbiyah dan surat-surat yang sudah hafal karena hal demikian sangatlah baik. Didalam tawaf :

  • Jamaah memulai thawaf dari hajar aswad dengan cara mengahadapnya dan mengucapkan Allahu akbar dari setiap putaran.
  • Berthawaflah 7 kali putaran sampai menjadkan ka’bah tepat di sebelah kiri. Bagi jama’ah laki-laki , lakukanlah Raml dan idhtiba’ yakni melakukan jalan cepat pada 3 putaran awa dan berjalan biasa pada berikutnya, sementara idhtiba adalah meletakkn pertengahan kain selendang di bawah pundak kanan, dan ujung selanjutnya di sebelah kiri pada putaran awal saja apabila sudah pada putaran ke tujuh maka jamaah harus menutup pundak sebelah nya lagi).
  • Apabila sudah sampai pada rukun yamani maka usaplah hajar aswad dengan tangan mu jangan sampai menciumnya. Dan disunahkan ketika jamaah berada diantara hajar aswad dan rukun yamani maka ucapkan do’a untuk kebaikan udnia dan akhirat atau ( do’a sapu jagat ):
  • “Rabbana atina fii dunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina adzaba nnar”
  • Di dalam thawaf jamaah harus beerada dalam keadaan suci dan berwudhu, jika di pertengah thawaf mau beristirahat dulu tidak mengapa.
  • Setelah selesai, shalat sunat thawaf lah di depan maqam Ibrahim. Jamaah banyak yang keliru ingin shalat di depan maqam Ibrahim dengan menyakiti orang lain dan shalat nya yang tidak khusyu karena berdesak-desakan.

3.    Pergilah ke sumur air zam-zam untuk meminumnya. Jangan lupa berdo’a kepada Allah swt atas nikmat yang telah di berikan

4.    Kemudian jamaah melakukan sa’I dari bukit shafa ke bukit marwah dengan mengucpkan firman Allah swt :
“ Inna shafa wal marwata min sya’aairi llah” dan melakukan dzikir sesaat sampai di bukitnya.

5.    Melakukan tahallul
selesailah pelaksanaan umroh yang baik dan benar sesuai apa yang Allah tegaskn dalam al-quran dan sunah nya.

0 komentar ttg Cara-cara umroh:

Posting Komentar

 

Bank Account

Rekening a.n PT. Rabbani Semesta Utama
Mandiri : 130 .00.888.111.07
BCA : 008.06.222.44

Open hour

Senin-Jumat : 08.00 sd 16.30
Sabtu : 08.00 sd 14.00
Ahad : 08.00 sd 13.00

Stats